Skip to main content

Scaling Gigi sebelum Puasa


Hayo siapa yang udah lebih dari 6 bulan ga ke dokter gigi? Pasti bukan hanya aku kan hihi. Ada banyak alasan kenapa orang ngga pergi ke dokter gigi salah satunya adalah malu giginya jorokšŸ˜­. That's exactly me. 

Hari Selasa 21 Maret 2023 kemarin kebetulan aku udah libur dan iseng buka JKN mobile. Disana ada layanan ke dokter gigi. Nah, aku yang biasanya ga dapet antrian saat itu iseng dan eh bisa! jadi buruburu ke dokter gigi di faskes yang jaraknya 3 menit dari rumah. Niat awalnya mau membersihkan gigi ya karena temenku bilang bisa scaling atau bersihin plak gigi di faskes kamu. sekaligus mau cek gigi yang berlubang. Gapapa deh malu sebentar soalnya mau puasa kan yaa biar ngga beraroma busuk jadi giginya dibersihin dulu šŸ˜.

Sampai kesana ya dinasehatin sama mba perawat kalau mau pakai layanan BPJS datengnya dibawah jam 11. Iya pas itu mepet banget dateng jam 11.04 hehe. Setelah satu jam nunggu, akhirnya tiba juga untuk di scaling.


Apa sih scaling gigi itu?

Scaling gigi sama artinya dengan membersihkan karang gigi akibat tumpukan plak yang nempel di permukaan gigi. Kalau dibiarin numpuk itu jadi agak kuning dan lama-lama coklat kemudian mengeras hingga susah buat dibersihin. Nah kalau udah mengeras, baru kita pilih jalur scaling buat dibersihin



Kenapa sih harus scaling?

Jangan remehkan buat apa sih kan gosok gigi juga cukup. Nah gosok gigi pun susah kalau karang gigi udah nempel banget sama gusi kaya gitu coba deh. Here is the reason why we should do routine scaling and go to the dentist!

1. Mencegah Bau Mulut

Ternyata karang gigi atau plak itu terbentuk jika kita tidak sikat gigi lebih dari 3 hari. dan itu menyebabkan tempat bakteri untuk berkembang. Jika dibiarkan maka akan menyebabkan aroma tak sedap. Kan ga nyaman banget ya kalau puasa bau mulutnya dari dalam tubuh lah ditambah karena plak gigi. Sehingga scaling gigi jadi solusinya.

2. Menjaga Kesehatan Gusi

Dokter kemarin bilang, ketika karang gigi itu menumpuk maka akan mengikis tulang dan menyebabkan radang gusi. Nah kalau plak itu hilang, gusi akan lebih sehat dan tidak menyebabkan abrasi pada gigi.



3. Mencegah Resiko Gigi Copot

Menyambung dengan efek abrasi gigi, jika ada plak dan sangat menumpuk itu akan memasuki tempat untuk gusi sehingga memudahkan gigi untuk copot. Ini pun sempet aku takutin pas beres scaling gimana kalau gigiku jadi copot. Ternyata gigi bisa goyang jika plaknya sudah sangat menumpuk. Untuk kasusku malah bagus untuk mengembalikan gusi tanpa ada plak diantaranya sehingga bisa membuat gusi lebih kuat.

Karena manfaat dari scaling gigi ini bagus, dokter menyarankan untuk scaling setiap 6 bulan sekali untuk kesehatan gigi kita. Ini pun bagus untuk kita saat menjelang ramadhan jadi lebih percaya diri dari bau mulut. 


Alat dan biayanya gimana?

Alat scaling gigi yang kemarin dokter gunakan itu ternyata pakai gelombang ultrasonik! ini sih aku baru tau jujurly ya ternyata bisa untuk scaling gigi. sebetulnya ada yang manual namun sekarang kan sudah banyak teknologi yaa. Waktunya sekitar 1-2 jam tergantung seberapa parah plak nya. Alhamdulillah dokter bilang kondisi gigiku bagus dan tidak terlalu banyak plak yang nemumpuk. tapi ada gigi bolong dan berkarang (ini sih yang bikin malu).

Untuk biaya beragam tergantung beberapa dokter gigi dan tempat scaling biasanya sekitar 500K ampe 1000K. Tapi worth it banget dong dibersihin poll atas bawah jadi serasa kembali baru dan cuman setiap 6 bulan sekali kaaan. pun kalau rutin hihi.

ini penampakan before and after scaling gigiku. Beres di scaling kaya ada rasa aneh. Dan efek saat di scaling emang agak linu juga berdarah kan yaa tapi lama-lama ngga.

Gigiku

Sekian cerita Scaling gigiku untuk pertama kalinya! Selamat menunaikan ibadah puasa semoga kita semua tetap sehat yaa!

Comments

Popular posts from this blog

Detik-Detik Terakhir MOKAKU

Hari ketiga ini, seperti biasa sudah stay pukul setengah enam di lapang Gymnasium(khusus sektor 1) pas banget nyampe sana jam set enam—seperti biasa. Colek anak yang didepan buat mastiin “Kelompok 23?” eh ternyata Egis lagi. Kita berdua ketawa. Kita mulai menyelinap masuk ke barisan paling depan. padahal sih ga pendek-pendek amat. Tapi tak apalah. Kita ganti yel-yel soalnya kemarin kita kalah kompak karena bingung sama yel-yelnya. Setelah sudah kompak kita siap menggetarkan gymnasium. Sektor 1? Berani, Tangguh, Penuh Tanggung Jawab, Semangat!  Hari ketiga ini kita diem terus di gymnasium buat nonton UKM (Unit kegiatan Mahasiswa) semacam Ekstrakulikuler kalau disekolah. Kebayang ga sih 63 UKM tampil di hadapan mahasiswa baru. Pertamanya ada parade dulu, jadi perwakilan UKM bawa bendera masing-masing UKM buat dikenalin. Terus mulai deh. Ada banyak kategori UKM mulai dari keagamaan, kesenian, olahraga, beladiri, minat bakat. Pokoknya mabok dah bingung pilih yang mana. Semua n

Menebak Ending 2521 Korean Series

HOLA! Seli's Back! Udah lama banget ga nulis di platform ini. Mari kita ramaikan~ Kalau dilihat arsip ternyata sudah 7 tahun berlalu. Berasa cepet banget. Jangankan 7 tahun berlalu, besok udah hari sabtu aja ini. How time flies so fast. Berkaitan sama weekend, what do you do during the weekend? Kalau jawabannya nonton drama! So do I! *hi5!*  Forecasting love and weathering, Twenty five twenty one sama Business proposal, yang mana nih yang paling  ditunggu?  Jujurly sih kalau aku, dari 3 drama yang on going itu yang lagi ku tonton, aku paling gemes sama 2521. Sinopsis 2521 dikutip dari Asian Wiki, cerita singkatnya gini, "Twenty-Five, Twenty-One" menceritakan kisah cinta antara Na Hee-Do (Kim Tae-Ri) dan Back Yi-Jin (Nam Joo-Hyuk). Na Hee-Do adalah anggota tim anggar SMA-nya. Karena krisis keuangan Korea Selatan, tim anggar sekolah menengah dibubarkan. Melewati semua kesulitan, ia menjadi anggota tim nasional anggar pedang. Krisis keuangan Korea Selatan juga menyebabkan b

Elvis Presley Can’t Help Falling In Love Lyrics

Wise men say only fools rush in But I can't help falling in love with you Shall I stay Would it be a sin If I can't help falling in love with you Like a river flows surely to the sea Darling so it goes Some things are meant to be Take my hand, take my whole life too For I can't help falling in love with you Like a river flows surely to the sea Darling so it goes Some things are meant to be Take my hand, take my whole life too For I can't help falling in love with you For I can't help falling in love with you