Skip to main content

MOKAKU YANG KEDUA



Hari kedua Mokaku ini hari yang beda soalnya hari kedua, kita para maru bakal digiring ke fakultas masing-masing. Jadi hari ini kita dikenal sama  fakultas dan jurusan. Kegiatannya juga diatur oleh kakak tingkat di jurusannya masing-masing. Pukul 6 pagi udah semua baris di depan gedung FPMIPA  A (khusus untuk jurusan aku sih) dan baris sesuai departemennya masing-masing. Kita diajarin yel-yel biar makin kompak gitu. Terus ada games konsentrasi juga. Yang salah tentu harus maju kedepan. Dan aku punya temen baru, Ranti. Orangnya lucu, mungil, putih, dan aktif. Dia pemberani dan selalu mau ngacungin tangan buat nanya, pokoknya percaya diri—kapan ya aku kaya gitu... karena dia juga suka korea, terus temennya temen lama aku, kita jadi akrab. Pas hari itu kemana-mana deketan deh. Siapa tau jadi nular percaya dirinya gituu. Setelah pukul 7an kita digiring masuk ke aula FPMIPA. Ruangannya yang keren dilapisi kayu dan lantai kayu ber ac dan lumayan luas, cukup untuk mnampung kami mahasiswa baru. Disana seperti biasa mendengarkan ceramah, tapi Alhamdulillah dapet ilmu plus motivasinya. Ranti seperti biasa dia menjawab dan bertanya tanpa ada rasa takut apalagi malu. Satu kata buat dia, Keren.

Setelah jam 9 an barulah kita diculik kakak tingkat menuju tempat yang sudah disediakan untuk setiap departemen. Disana kita dikenalin soal jurusan kita, tentang segala macam soal himpunan, terus UKK (Unit kegiatan khusus) di himpunan. Kalau di HMF ada Cakrawala (khusus yang hobi liat benda di angkasa) sama Khauf (khusus yang hobi naik gunung petualangan gitu) terus juga kita banyak sharing, soal organisasi, bidang akademik, dan tentunya tak lupa motivasi. Ada game juga dan Ranti ikutan lagi. Dia tetep maju walaupun cuman dia sendiri perempuannya. Berani banget kan. Udah daebak dah. Terus tugas yang disuruh buat nametag dan buku itu dikumpulin—padahal belum beres dan blangsak banget ngerjainnya sampe larut malem banget dah. 

Dari luar sih keliatan bagus coba cek dalemnya...


Terus ada penampilan dari Resonansi, Grup musik yang main alat biola. Yang asalnya ngantuk jadi semangat, terpana liat kepiawaian mainin alat musik gesek itu. mereka nyanyiin dua buah lagu. so amazing. nyampe kebawa mimpi coba haha.

Nah tiba udah siang nih, perut udah terasa lapar. Tapi masih belum ada intruksi dari kakak tingkatnya buat makan, baru disuruh untuk sholat dulu. Bagi yang ga sholat kan daripada diem aja akhirnya beberapa ada yang nekat buka makannannya dan langsung makan. Eeeeh ada yang kena korban jadinya. Ternyata kita masih belum boleh makan. Udah beres sholat, barulah kating mulai gencar-gencar merasa terpanggil jiwa seramnya. Kita disuruh baris yang rapi, duduk berhadapan. Dan siaaaap makan. 

“3 menit dari sekarang!” jelegur. 3 menit mah cukup buat buka makanannya doang kali yak. Tapi tidak. cepet cepet itu makan tanpa di kunyah. Telen-telen. Mau minum itu menyita waktu. 

“Makannnya gaboleh ada yang tersisa! Harus habiss!” lah kita semua saling tatap, liat bawaannya masing-masing. Ada yang bawanya super jumbo kasian juga tapi aku juga belum tentu bakal habis.

“Berbagi sama temennya!”

“MAKAN GA BERSUARA!” Makan tuh rasanya ga tenang banget.

“30 detik lagi!” ah udah akhirnya tutup makanan

“Itu yang udah diberesin emang udah habis? KELUARIN LAGI!” dimulut masih penuh banget. Super penuh. *jepret* ieu malah dipoto deuih. Makanan akhirnya dibuka lagi, dua suap dimasukin lagi.

“Udah ah masukin aja da gakan diperiksa meren” kata seseorang yang di samping teman dihadapanku. Dalam hati sih bener juga.

“WAKTU HABIS!” kampret ini belum minum coba. Nelen makanan aja belum. Mulai panik. Brb ambil minum biarin kena marah juga asal ga seret banget. 

“Yaa beresin semuanya dalam waktu 5 detik!” ini maunya apa coba T.T

“ADA yang belum kenyang? Yaudah saya kasih waktu tambahan 30 detik!” glek glek glek minum aja terus dah. 

“Semuanya harus udah rapi lagi!” kayaknya diujung sana ada yang penyakitnya kambuh.

“ADA yang harus minum obat? Saya kasih waktu buat minum obatnya” katingnya sudah mulai lelah mungkin, nadanya agak menurun.  Setelah beres barulah dia mengutarakan alasannya

“Ini sengaja! Biar kalian pandai ngatur waktu! Time manajement nya itu perlu banget apalagi kalau nanti udah kuliah!” ohh begitu rupanya. 

“jadi apa yang kita lakuin sama kalian pasti ada guna dan manfaatnya. Paham?” siaaap qaqa. Kita baris lagi. Siap-siap ke Auditorium buat dapet materi lagi. 

Disini kita ketemu sama dua dari banyaknya mahasiswa berprestasi. Yang laki-laki dari departemen Ilmu komputer dan yang perempuan dari IPSE. Dua duanya udah sering tour ke luar negeri. MasyaAllah semoga saya nanti bisa meneruskan.. kita juga dapet materi lagi. Terus-terus sampe lier dengernya dah. Di akhir barulah ada kakak yang PKM nya lolos ke PIMNAS. Dia cerita soal pengalaman plus tipsnya itu, tapi sayang, ga banyak ke pake. Deadline PKM hari ini. besok pagi udah dikumpul. Udah lelah dan males buat ganti jadi ya PKM ala kadarnya saja. Yang pasti kita dituntut supaya peka, kreatif dan inovatif serta bikin judul yang menarik. Beres dari situ, kita digiring masuk ke kelas lagi. Disana udah mulai mumet dan liernya. Untungnya itu udah hampir diujung acara. Tugas kita yang tadi dikumpul,  dibalikin lagi. Tugasnya udah kembali dengan rupa yang sudah berbeda, ada yang kena coret coret, digunting dsb. Pita nametag aku juga diguntung tandanya warnanya gasama. Dan belakang nametag ditulis “kurang tebel” padahal hemat kertas harusnya yak. Dibuku juga udah dikomentarin tapi untungnya ga ada komentar yang tak enak dihati seperti “tulisannya ga rapi, bukunya kotor GANTI!”—syukur ya kating memang pengertian. Kita juga dikasih tugas tambahan buat 100 mimpi plus dua poster. Kita dites lagi yel yel anak Fisika. 

“Fisika? FIBUSI! Fisikaaa cahaya mipa, fisika itu kami fisika itu kami fisika cahaya mipa, fisika the king of scince!” kurang lebih begitulah yel-yelnya. Kadang saya suka lipsing kalau udah cape teriak-teriak jadi ga begitu hapal—mohon jangan ditiru. Setelah kompak kita disuruh keluar dan liat ke bawah (tengah-tengah gedung FPMIPA yang super megah) ternyata kita dikasih kejutan sama katingnya. Semacam ucapan selamat datang. Terharu sangat. Kita juga beradu yel-yel saling meneriakan adu kekompakan supaya lebih heboh. 

“FPMIPA? KITA SEMUA .. KELUARGA~” 

Akhirnya serangkaian acara hari ini beres, tinggal dibagiin jaster. Didepan parkiran FPMIPA kita dibagiin jaster. Sayangnya ukuran yg mini sudah habis. Tinggal yang jumbo. Udah galau deh. Terpaksa dapet yang jumbo. Nasip nasip. Semoga aja bisa dituker...

Comments

Popular posts from this blog

Detik-Detik Terakhir MOKAKU

Hari ketiga ini, seperti biasa sudah stay pukul setengah enam di lapang Gymnasium(khusus sektor 1) pas banget nyampe sana jam set enam—seperti biasa. Colek anak yang didepan buat mastiin “Kelompok 23?” eh ternyata Egis lagi. Kita berdua ketawa. Kita mulai menyelinap masuk ke barisan paling depan. padahal sih ga pendek-pendek amat. Tapi tak apalah. Kita ganti yel-yel soalnya kemarin kita kalah kompak karena bingung sama yel-yelnya. Setelah sudah kompak kita siap menggetarkan gymnasium. Sektor 1? Berani, Tangguh, Penuh Tanggung Jawab, Semangat!  Hari ketiga ini kita diem terus di gymnasium buat nonton UKM (Unit kegiatan Mahasiswa) semacam Ekstrakulikuler kalau disekolah. Kebayang ga sih 63 UKM tampil di hadapan mahasiswa baru. Pertamanya ada parade dulu, jadi perwakilan UKM bawa bendera masing-masing UKM buat dikenalin. Terus mulai deh. Ada banyak kategori UKM mulai dari keagamaan, kesenian, olahraga, beladiri, minat bakat. Pokoknya mabok dah bingung pilih yang mana. Semua n

Menebak Ending 2521 Korean Series

HOLA! Seli's Back! Udah lama banget ga nulis di platform ini. Mari kita ramaikan~ Kalau dilihat arsip ternyata sudah 7 tahun berlalu. Berasa cepet banget. Jangankan 7 tahun berlalu, besok udah hari sabtu aja ini. How time flies so fast. Berkaitan sama weekend, what do you do during the weekend? Kalau jawabannya nonton drama! So do I! *hi5!*  Forecasting love and weathering, Twenty five twenty one sama Business proposal, yang mana nih yang paling  ditunggu?  Jujurly sih kalau aku, dari 3 drama yang on going itu yang lagi ku tonton, aku paling gemes sama 2521. Sinopsis 2521 dikutip dari Asian Wiki, cerita singkatnya gini, "Twenty-Five, Twenty-One" menceritakan kisah cinta antara Na Hee-Do (Kim Tae-Ri) dan Back Yi-Jin (Nam Joo-Hyuk). Na Hee-Do adalah anggota tim anggar SMA-nya. Karena krisis keuangan Korea Selatan, tim anggar sekolah menengah dibubarkan. Melewati semua kesulitan, ia menjadi anggota tim nasional anggar pedang. Krisis keuangan Korea Selatan juga menyebabkan b

Elvis Presley Can’t Help Falling In Love Lyrics

Wise men say only fools rush in But I can't help falling in love with you Shall I stay Would it be a sin If I can't help falling in love with you Like a river flows surely to the sea Darling so it goes Some things are meant to be Take my hand, take my whole life too For I can't help falling in love with you Like a river flows surely to the sea Darling so it goes Some things are meant to be Take my hand, take my whole life too For I can't help falling in love with you For I can't help falling in love with you